Tema : 1. 
Indahnya Kebersamaan
Subtema : 1. 
Keberagaman Budaya Bangsaku

Tujuan Pembelajaran 
Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan secara mandiri, mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret dengan teliti, serta meragakan dasar-dasar gerak tari daerah dengan penuh kreativitas. 


Anak-anak hebat sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Sekarang mari kita baca teks tentang kerja sama untuk bersiap menghadapi musim hujan melalui tautan berikut ini!

 https://tinyurl.com/y9fqdxmr 

Nah setelah teks tersebut, sekarang kita coba menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ya! 
1. Apa yang dilakukan warga desa Kampung Babakan?
2. Mengapa mereka melakukan kerja bakti? 
3. Apakah warga desa mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jelaskan! 
4. Apa manfaat sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga Kampung Babakan? 
5. Apa yang akan terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan?

Selanjutnya kita akan membahas tentang pecahan. 
Tahukah Ananda apa itu pecahan? Bagaimana menyatakan pecahan secara konkret dalam kehidupan sehari-hari? Kita simak video berikut ini ya!

 https://www.youtube.com/watch?v=J_ggwazHoKo&t= 381s 

 Sekarang yuk kita berlatih untuk mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai melalui tautan berikut ini! https://forms.gle/GV4w1LVBDCPXtqyd7

 Kerjakan 1 kali saja ya! 


Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang keberagaman alat musik tradisional betawi. Selain alat musik tradisional, kota tempat kita tinggal ini juga kaya akan tarian-tariannya. Salah satu tarian Betawi adalah tari Ondel-ondel. Pakaian ondel - ondel serta hiasan yang terbuat dari kain yang berwarna - warni sangat menarik perhatian. Sekarang untuk tugas selanjutnya kita gambar ondel -ondel di buku gambarmu ya...!




Comments

Popular Posts