BDR KELAS 6, SELASA, 15 SEPTEMBER 2020

 KELAS  : VI

Tema : 3. Tokoh dan Penemuan

Subtema : 2. Penemuan dan Manfaatnya

Pembelajaran : 5

Tujuan Pembelajaran :

Menjelaskan dengan paparan manfaat komputer bagi bangsa Indonesia; menyanyikan lagu Ku lihat Ibu Pertiwi .

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Charles Babbage merupakan salah seorang ilmuwan di dunia yang tercatat sebagai penemu Komputer Pertama, yang telah banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia, khususnya bidang komputer. Mesin penghitung (Difference Engine no.1) yang ditemukan oleh Charles Babbage (1791-1871) adalah salah satu icon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama. Apa saja manfaat komputer bagi bangsa Indonesia? Untuk mengetahui itu, mari Ananda simak video pada link berikut ini.

 

sumber : https://www.youtube.com/watch?v=s3fHqsTCf0k 

Banyak sekali manfaat komputer bukan? Untuk itu belajarlah menggunakan komputer untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk belajar. 

Sebagai evaluasi , jawablah pertanyaan di bawah ini! 

1. Siapa penemu komputer untuk pertama kali? 

2. Apa penemuan yang paling terkenal dari Charles Babbage?

 3. Jelaskan manfaat komputer di masa kini! 

4. Adakah perubahan sosial budaya di masa kini dengan adanya komputer? 

5. Manfaat apa yang kamu dapatkan dengan adanya komputer? Tulis jawabanmu di buku tulis, kemudian Ananda paparkan dengan merekam suaramu dan kirimkan kepada Bapak/Ibu Guru melaui WA.  

Ananda, pada pembelajaran berikutnya kita akan mempelajari tentang bernyanyi. Keterampilan bernyanyi harus dilatih dengan menguasai semua nada -nada , baik nada rendah  maupun nada tinggi (interval nadanya).

 Penguasaan interval nada saat latihan vokal jadi sangat penting. Untuk membantu Ananda berlatih vokal, silakan disimak video pada link berikut ini.

sumber :https://www.youtube.com/watch?v=-dZrHm9ZtVc

Bagaimana penjelasan yang ada pada video? Mudah dipahami bukan? Silakan Ananda ikuti latihan vokal melalui video tersebut. 

Sebagai latihan silakan Ananda menyanyikan sebuah lagu diiringi musik yang didengar melalui HP yang berjudul Ibu Pertiwi. Link lagu Ku Lihat Ibu Pertiwi ada di sini.

 

sumber : https://www.youtube.com/watch?v=-cVcOpQZ22g


Nyanyikan dengan penuh perasaan mengikuti musik. Rekam dengan video, kirim kepada Bapak/Ibu Guru melalui WA. 

Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!

Terima kasih, sampai jumpa hari besok.


Comments

Popular Posts